Sabtu, 03 Juli 2010

Punya Berapa Rekening Tabungan ?

Punya berapa rekening tabungan ? paling-paling 2, malah cuma 1. Mungkin kalo mahasiswa 1 saja cukup kali yah. kalo sudah bekerja apalagi berkeluarga, rekening tabungan cuma 1 mungkin akan hemat biaya administrasi bulanan, namun malapetaka justru bermulai dari sini karena biasanya 1 rekening untuk berbagai keperluan justru akan membuat kondisi keuangan yang tidak teratur dan tidak terprediksi.


Setidaknya setiap orang yang sudah bekerja minimal punya 3 rekening tabungan ;
Pertama, Rekening Transaksional, rekening ini tujuannya untuk memenuhi transaksi sehari hari, misalnya pembayaran listrik, air, telepon, transfer uang, belanja dll. tentunya rekening tersebut harus memberikan kemudahan seperti ; mesin ATM mudah dijangkau, mempunyai fasilitas internet banking, sms banking, kemudahan pembayaran listrik-air-telepon, fasilitas debit card untuk belanja dll
Kedua, Rekening Dana darurat, seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya di post UGD = Uang "Gawat" Darurat gunanya untuk menyimpan dana darurat di rekening tersendiri yang terpisah dari rekening lainnya, agar dana tersebut tidak terpakai bila tidak ada keadaan yang darurat. jenis rekening tabungan untuk dana darurat sebaiknya dipilih dengan memperhitungkan keuntungan bila dana tersebut didepositokan.
Ketiga, Rekening tabungan atau investasi, sesuai namanya rekening ini gunanya untuk menyimpan dana tabungan atau investasi. jenis rekening ini tentu harus memperhitungkan keuntungan dalam deposito, produk tabungan berjangka, kemudahan pembelian reksadana dll. namun yang perlu diperhatikan sebaiknya tidak memakai fasilitas ATM, kalaupun ada ATM, sebaiknya ATM-nya disimpan saja, tidak disimpan di dompet agar uangnya tidak terpakai.


Bagaimana bila punya lebih dari 3 rekening ?
Boleh saja, namun rekening itu mempunyai fungsi misalnya, rekening yang digunakan untuk menerima gaji bulanan, rekening di bank tertentu karena mempunyai kredit di bank tersebut. Bila Anda seorang pengusaha, harus punya rekening untuk usaha, jangan gabungkan rekening usaha dengan rekening transaksional agar dana untuk usaha dapat dikelola dengan baik. Bila punya rekening yang tidak mempunyai tujuan penggunaan, sebaiknya rekening tersebut ditutup.


Apakah jadi boros biaya administrasi bulanan bila punya banyak rekening ?
Benar sekali, tiap rekening dibebankan biaya administrasi bulanan sebesar 5 ribu s.d. 10 ribu rupiah. Kalau punya 3 rekening kira-kira 30 ribu rupiah memang terasa lumayan, namun akan sebanding dengan manfaat pengelolaan uang yang kita dapatkan dibandingkan dengan 1 rekening saja.


Ayo, pisahkan dana berdasarkan tujuan keuangan dengan rekening tersendiri. Rasakan bedanya bila hanya punya 1 rekening. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IP