Senin, 02 Agustus 2010

Uang Gaji Saya Diapakan ?

Udah gajian lagi nih, makan di ke mall yuk, belanja, karokean, makan di resto, trus nonton bioskop, dll. Mungkin itu yang ada dalam benak kita, boleh-boleh saja demikian tuk menikmati hidup, merasakan hasil "kerja keras" selama sebulan, hehhehehe... tapi jangan sampai keblablasan ya, punya gaji 10 koma, maksudnya bukan 10 koma juta sekian tapi baru tanggal 10 sudah koma, hahahahha.... Lalu apa yang harus kita lakukan sebelum "menikmati" gaji, yuk kita bahas satu-satu, mariii....

Pay Your GOD First
Ini saya kutip dari tweetnya @ahmadgozali, "Pay Your GOD First" maksudnya yang menjadi kewajiban agama yaitu zakat penghasilan yang pernah saya bahas di posting sebelumnya Hitung Zakat Yuk Mariiiiyyy pas terima gaji langsung disisihkan dulu buat yang satu ini.

Pindahkan Ke Rekening-Rekening
Saat terima gaji langsung ditransfer ke rekening-rekening yang pernah saya bahas sebelumnya di sini 

Jangan Lupa Bayar Utang
Nah ini yang sering "lupa" bener-bener lupa atau berusaha melupakan, hahahhaha.... ayo ini wajib lho!, walaupun sudah meninggal seseorang yang berhutang harus tetap dilunasi oleh ahli warisnya. Ahli waris bukan hanya menerima harta, tapi utang juga. Makanya bila ada yang meninggal pihak keluarga biasanya bertanya atau mengumumkan kepada pelayat yang datang bila mempunyai urusan utang-piutang agar diselesaikan dengan keluarga yang ditinggalkan. Bagi yang ingin berhutang baca postingan sebelumnya ya klik disini. Kalau tidak mau repot bayar utang di bank bisa pakai autodebet dari rekening.

Inget Dana Darurat
Jangan lupa kumpulkan sedikit-sedikit untuk dana darurat di rekening tersendiri ya, kalo lupa tentang dana darurat bisa baca lagi postingan sebelumnya, klik di sini.

Investasi/Menabung
Sisihkanlah minimal 10% penghasilan untuk Investasi, atau bila belum cukup besar untuk beli instrumen investasi bisa ditabung dulu. Investasi bisa beli emas, reksadana, dll

Bayar Semua Tagihan
Ayo bayar dulu tagihan bulanan, misalnya premi asuransi, uang kos, listrik, air, telepon, HP, uang kebersihan, uang keamanan, iuran RT, tagihan kartu kredit, tagihan internet, tagihan koran/majalah, TV kabel, dll. Biar mudah bisa pakai layanan internet banking tuk bayar tagihan listrik, telepon, internet, tv kabel dll. 

Buat Budget Bulanan
Untuk pengeluaran lainnya selain yang bersifat tagihan, harus dibuat budget, misalnya uang belanja bulanan, termasuk untuk belanja pakaian, traktir teman makan di resto, nonton bioskop, beli buku, beli DVD, transport, dll. 

Disiplin
Dalam pelaksanaannya yang harus kita lakukan adalah disiplin, karena percuma sudah dilakukan perencanaan yang begitu matang pada akhirnya kita yang melanggar, hehehhehe....


Jangan Dibalik
Itu berurutan ya, jangan dibalik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IP